Dari : SitusAesthetic -

Selasa, 09 Desember 2014

RPP PROLIN BERBASIS ICT

RPP prolin berbasis ICT ini untuk memudahkan langkah-langkah guru dalam menjelaskan materi pelajaran mengenai program linier.Bedanya dengan RPP biasa adalah RPP yang berbasis ICT menggunakan media internet berbasis ICT.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 

Satuan Pendidikan      :           SMA
Kelas/Semester            :           XII/I
Mata Pelajaran            :           Matematika
Materi Pokok              :           Program Linier
Sub Materi                  :           Menentukan Nilai Optimum Dari Fungsi Tujuan
Alokasi Waktu            :           1 15 menit

A.    Kompetensi Inti

KI-1         :           Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2          :          Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3         :           Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI- 4       :            Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuwan.


B.     Kompetensi Dasar

1.      Membuat konsep pertidaksamaan linear dari permasalahan program linear.
2.      Menentukan daerah himpunan penyelesaian dan titik pojok dengan keterampilan menggunakan Geogebra.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi

1.      Siswa dapat membuat konsep pertidaksamaan linear dari permasalahan program linear.
2.      Siswa dapat menentukan daerah himpunan penyelesaian dan titik pojok dengan mudah.


D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Menerapkan konsep sistem pertidaksamaan linear dalam pemecahan masalah program linear.
2.      Memanfaaatkan aplikasi Geogebra guna mencari daerah himpunan penyelesaian dan titik pojok dengan cepat dan tepat.


E.     Materi Pembelajaran

1.      Model Matematika.

Membuat model matematika dalam suatu masalah program linear adalah menentukan fungsi tujuan beserta kendala yang harus dipenuhi dalam masalah program linear itu. Merancang model matematika dalam suatu masalah program linear dapat dipelajari melalui contoh berikut ini.
Contoh :
Pak Somad mempunyai kebun yang jenis tanamannya sama dengan kebun Pak Hardi. Kebun Pak Somad (kebun A) mempunyai 4 pohon rambutan, 1 pohon durian, dan 2 pohon mangga. Sedangkan kebun Pak Hardi (kebun B) mempunyai 2 pohon rambutan, 1 pohon durian, dan 4 pohon mangga. Kedua kebun tersebut sekurang-kurangnya memuat 8 pohon rambutan, 3 pohon durian, dan 8 pohon mangga. Buatlah model matematika dari masalah program linear tersebut.

Penyelesaian :
Untuk memudahkan dalam membuat

Kebun A (x)
Kebun B (y)
Batasan
Rambutan
4
2
8
Durian
1
1
3
Mangga
2
4
8
Dari tabel didapat pertidaksamaan
 
 
 
Dengan ketentuan
2.      Menentukan daerah himpunan penyelesaian dan titik pojok dengan menggunakan metode grafik.
Misalkan pertidaksamaannya sudah diketahui.
 
 
 
Selanjutnya mencari titik perpotongan garis.
 
 
 
 

 
 
 
 

 
 
 
 
 Dengan gambar grafik sebagai berikut.

Setelah menggambar grafik kita dapat mencari titik perpotongan antara dua garis. Mencari perpotongan 2 garis bisa dilakukan dengan cara eliminasi, substitusi, dan campuran.



F.     Metode Pembelajaran

1.      Pendekatan                      :           Pendekatan Kontruktivisme
2.      Model Pembelajaran        :           Model Discovery Learning berbasis ICT
3.      Metode                             :           Ekspositori, Diskusi, dan Tanya jawab


G.    Alat / Media / Bahan

1.      Alat                      :           Komputer (Laptop), infokus
2.      Media                   :           ICT dengan aplikasi Geogebra, Poster.
3.      Sumber Belajar     :           Buku Matematika kelas XII, Lingkungan, dan Internet.


H.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2.      Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
3.      Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan.
3 menit
Inti
1.      Kegiatan diawali dengan siswa diminta mengamati masalah yang disajikan guru dengan poster.
2.      Siswa dibagi 10 kelompok, masing-masing 3 orang.
3.      Siswa memecahkan masalah yang diberikan guru secara berdiskusi dengan menggunakan aplikasi Geogebra.
4.      Siswa menerima penjelasan dari guru tentang cara mengaplikasikan pemecahan masalah program linear dengan aplikasi Geogebra.
5.      Siswa mengikuti prosedur yang diberikan guru.
10 menit
Penutup
1.      Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.      Siswa mengerjakan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan masalah program linear menggunakan aplikasi Geogebra.
3.      Peserta didik mendengarkan arahan guru  untuk materi pada pertemuan berikutnya.
2 menit


I.       Penilaian

Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Teknik penilaian yang digunakan adalah pengamatan, tes, dan instrumen penilaian terlampir.



Guru Mata Pelajaran Matematika





























Kompetensi Dasar       :
1.      Merancang model matematika dari permasalahan program linear.
2.      Menentukan daerah himpunan penyelesaian dan titik pojok dari permasalahan program linear degnan menggunakan aplikasi Geogebra.
Indikator                     :
1.      Siswa mampu merancang model matematika dari permasalahan program linear.
2.      Siswa mampu menentukan daerah himpunan penyelesaian dan titik pojok dengan keterampilan menggunakan Geogebra.
Lampiran       :           Instrumen Penilaian
Instrumen Penilaian yang digunakan
       I.            Tes
1.      Sebuah perusahaan furniture memproduksi 2 jenis produk, yaitu meja dan kursi yang melalui proses perakitan dan finishing. Proses perakitan memiliki 60 jam kerja dan proses finishing 48 jam kerja. Untuk menghasilkan satu meja dibutuhkan 4 jam perakitan dan 2 jam fiinishing, sedangkan satu kursi membutuhkan 2 jam perakitan dan 4 jam finishing.
2.      Luas daerah parkir . Luas rata-rata untuk mobil kecil 4 dan mobil besar 20. Daya tampung maksimum hanya 200 kendaraan.

    II.            Lembar Pengamatan

No.
Nama Siswa
Kerjasama
Tanggung Jawab
Toleransi
Peduli Lingkungan
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17






2 komentar: